Senin, 17 Oktober 2011

HUKUM HESS

Dalam percobaan ini, Anda akan mengukur entalpi netralisasi untuk asam klorida keduanya dengan natrium hidroksida berair dan dengan natrium hidroksida padat.
Anda juga akan mengukur entalpi solusi ketika natrium hidroksida padat terlarut dalam air. Dari hasil yang Anda akan memverifikasi Hukum Hess '. Anda akan menggunakan dua kalorimeter sederhana, masing-masing terbuat dari empat cangkir busa plastik, dan Anda juga akan membutuhkan dua termometer. Perhatikan diagram di bawah ini yang menggambarkan penampang aparat




Kapasitas panas Kalorimeter 

Pertama Anda akan menentukan berapa banyak panas yang diperoleh oleh kalorimeter saat suhu meningkat di dalamnya. Hal ini mendapatkan panas dibagi dengan perubahan suhu disebut kapasitas panas kalorimeter tersebut.
Persamaan berikut menggambarkan hubungan antara kapasitas panas dan perubahan suhu kalorimeter tersebut.
   
      q cal = Ccal . ΔTcal
      Ccal = q cal : ΔTcal

Keterangan    
q cal = panas kalorimeter yang diperoleh
Ccal = kapasitas panas kalorimeter
ΔTcal = perubahan suhu kalorimeter yang


Entalpi Netralisasi dari Asam Kuat dan Basa Kuat

Selanjutnya Anda akan mengukur entalpi reaksi ketika asam klorida encer natrium hidroksida berair menetralkan. Kedua senyawa ini adalah elektrolit kuat, dan dalam 1,0 M solusi mereka benar-benar terionisasi. Perhatikan dari persamaan berikut yang kekuatan pendorong untuk reaksi hanyalah pembentukan air dari hidrogen dan ion hidroksida.
Tidak ada ikatan kovalen akan rusak sebelum air terbentuk.

Persamaan Reaksi

HCI(aq) + NaOH(aq) → NaCl(aq) + H2O(l)
H+ + Cl- + Na+ +OH- → Na+ + Cl- + H2O(l)
H+ + OH- → H2O(l)

Entalpi Solusi Sodium Hidroksida Padat

Dalam langkah ini Anda akan mengukur jumlah panas yang dilepaskan ketika natrium hidroksida padat terlarut dalam air.

NaOH(s) → NaOH(aq)

Entalpi Netralisasi dari Kuat Asam dan Basa Kuat Padat

Pada langkah ini, Anda akan mengukur entalpi reaksi ketika natrium hidroksida padat dinetralkan oleh asam klorida 1,0 M. Ini adalah kombinasi dari dua langkah di atas. Untuk ini dan setiap langkah-langkah sebelumnya, Anda akan dapat menghitung panas yang diserap atau hilang oleh solusi dalam kalorimeter dengan menggunakan persamaan:

      q = m CΔT


Keterangan
q = panas yang hilang atau diperoleh oleh solusi
m = massa dari solusi
C = panas spesifik dari solusi
AT = perubahan suhu dari solusi.

Hukum Hess

Reaksi jarang melanjutkan persis seperti yang ditulis dalam persamaan kimia yang seimbang. Sebaliknya, reaktan melewati sejumlah langkah-langkah perantara sebelum mereka menjadi produk yang ditunjukkan. Hukum Hess mengatakan bahwa entalpi dari reaksi keseluruhan adalah jumlah dari entalpi dari langkah-langkah perantara. Netralisasi natrium hidroksida dengan asam klorida padat dapat dianggap sebagai proses dua langkah. Pertama, natrium hidroksida larut. Kemudian asam klorida bereaksi dengan natrium hidroksida berair. Para entalpi dari dua langkah yang harus menambahkan hingga entalpi dari proses gabungan. Karena Anda akan mengukur ketiga entalpi individual, Anda akan dapat memverifikasi hukum Hess.

1 komentar: